Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kecemasan akademik siswa di SMA N unggul Aceh Timur. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecemasan akademik dengan reliabilitas (r) = 0.956 yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori kecemasan akademik terhadap empat karakteristik kecemasan akademik yaitu pola-pola aktivitas yang dapat menyebabkan kecemasan mental, terganggunya perhatian, bahaya pada fisiologis dan perilaku yang tidak tepat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel berjumlah 100 orang siswa dan siswi di SMA N unggul Aceh Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan akademik pada siswa SMA unggul yang berada dalam kategori rendah sebanyak 15 orang (15%), kategori sedang sebanyak 68 orang (68%), dan kategori tinggi sebanyak 17 orang (17%). Pada karakteristik pola-pola aktivitas yang dapat menyebabkan kecemasan mental 18 orang (18%) berada dalam kategori rendah, 52 orang (52%) berada dalam kategori sedang dan 30 orang (30%) berada pada kategori tinggi. Pada karakteristik terganggunya perhatian 24 orang (24%) berada dalam kategori rendah, 54 orang (54%) berada dalam kategori sedang dan 22 orang (22%) berada pada kategori tinggi.
Pada karakteristik bahaya pada fisiologis 22 orang (22%) berada dalam kategori rendah, 53 orang (53%) berada dalam kategori sedang dan 25 orang (25%) berada pada kategori tinggi. Pada karakteristik perilaku yang tidak tepat 24 orang (24%) berada dalam kategori kecemasan rendah, 65 orang (65%) berada dalam kategori kecemasan yang sedang dan 11 orang (11%) berada pada kecemasan yang tinggi.
Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Gambaran Kecemasan Akademik Siswa Di SMA N Unggul Aceh Timur.






0 komentar:
Posting Komentar