x

Skripsi Psikologi Pengaruh Attachment Style Terhadap Kualitas Persahabatan Pada Remaja

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi PSIKOLOGI Lengkap. Skripsi Psikologi Pengaruh Attachment Style Terhadap Kualitas Persahabatan Pada Remaja - DOWNLOAD Kumpulan Proposal dan Skripsi Lengkap melalui artikel berjudul "Skripsi Psikologi Pengaruh Attachment Style Terhadap Kualitas Persahabatan Pada Remaja". Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Pengaruh Attachment Style Terhadap Kualitas Persahabatan Pada Remaja. Persahabatan adalah hubungan dimana dua orang menghabiskan waktu bersama, berinteraksi dalam berbagai situasi, dan menyediakan dukungan emosional (Baron & Bryne, 2006). Hubungan orang tua dengan remaja dapat mempengaruhi hubungan remaja dengan teman atau persahabatan atau fungsi psikososial remaja. Hubungan orang tua anak yang diteliti dalam penelitian ini adalah attachment style dari anak terhadap orang tuanya.

Attachment adalah suatu ikatan emosional yang kuat yang dikembangkan anak melalui interaksinya dengan orang yang mempunyai arti khusus dalam kehidupannya, biasanya orang tua (Mc Cartney dan Dearing, 2005). Attachment style dibagi menjadi 4 tipe yaitu secure attachment, fearful attachment, dismissing attachment dan preoccupied attachment (Bartholomew, 2006). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kausal yang bertujuan mengetahui pengaruh attachment style yang terdiri dari secure attachment, fearful attachment, dismissing attachment dan preoccupied attachment terhadap kualitas persahabatan pada remaja.

Penelitian ini melibatkan 185 siswa SMP Bodhicitta yang berusia 13-14 tahun (103 laki-laki dan 82 perempuan) sebagai subjek penelitian. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua buah skala yaitu skala kualitas persahabatan yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek kualitas persahabatan dari Bukowski (2005) dan skala attachment style yang diadaptasi dari Attachment Style Questionnaire (ASQ) Feeney, Noller, dan Hanrahan (2006).

Skala kualitas persahabatan memiliki nilai realibilitas (rxx) = 0.855 dan realibilitas skala attachment style yang dibagi menurut tipe attachment yaitu skala secure attachment memiliki realibilitas (rxx) = 0.673, skala fearful attachment memiliki realibilitas (rxx) = 0.526, skala dismissing attachment memiliki realibilitas (rxx) = 0.574 dan skala preoccupied attachment memiliki realibilitas (rxx) = 0.655. Hasil analisa data penelitian menggunakan teknik analisa regresi sederhana menunjukkan y = 42.747 + 0.439x dengan p<0,05 untuk secure attachment, y = 42.620 + 0.579x dengan p<0,05 untuk fearful attachment, y = 45.362 + 0.439x dengan p<0.05 untuk dismissing attachment dan y = 44.028 + 0.273x dengan p<0.05 untuk preoccupied attachment. Hal ini bermakna bahwa attachment style yang terdiri dari secure attachment, fearful attachment, dismissing attachment dan preoccupied attachment memiliki pengaruh terhadap kualitas persahabatan.

Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Pengaruh Attachment Style Terhadap Kualitas Persahabatan Pada Remaja.

0 komentar:

Posting Komentar


Download Kumpulan Skripsi Lengkap

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Skripsi Psikologi Lengkap All Rights Reserved.