Sebagai teknologi seluler digital pertama sistem GSM menjadi bisnis yang sangat menguntungkan bagi para operator dan menguasai pasar di Indonesia hingga akhirnya hadir teknologi generasi ketiga yang dikenal dengan CDMA. Kehadiran CDMA menjadi solusi bagi masyarakat dalam memilih operator yang sesuai dengan kebutuhan mereka serta menghadirkan persaingan dengan operator lain dalam hal ini GSM.
Persaingan pada akhirnya berupaya untuk mendapatkan perhatian para konsumennya dan harus serta menjadikan kepuasan konsumennya sebagai prioritas paling utama. Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa yang ditunjukkan konsumen setelah membandingkan hasil kerja aktual dengan harapannya. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas produk, kualitas layanan, emosi, harga, dan biaya. Perbedaan kualitas dan harga yang ditawarkan oleh sistem GSM dan CDMA menggambarkan adanya perbedaan kepuasan konsumen masing-masing. Penelitian ini melibatkan 200 orang dengan kriteria subjek berstatus mahasiswa USU, dan menggunakan jasa layanan salah satu jenis operator GSM atau CDMA.
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode incidental sampling Dan diolah dengan uji t-test. Alat ukur yang digunakan adalah skala kepuasan konsumen yang disusun sendiri oleh peneliti. Hasil analisa data menunjukkan terdapat perbedaan antara pengguna operator telepon seluler GSM dan CDMA dengan nilai ρ= 0.000 dimana pengguna GSM memiliki mean skor yang lebih tinggi (x=61.59) dibandingkan dengan kelompok subjek pengguna CDMA (x=49.55).
Implikasi dari hasil penelitian ini berguna bagi pihak operator CDMA untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja dan kualitas produk yang ditawarkan agar kepuasan konsumen dapat dicapai lebih baik lagi. Bagi operator GSM, penelitian ini dapat dijadikan sebagai gambaran untuk tetap mempertahankan kinerja dan selalu meningkatkan kualitas.
Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Perbedaan Kepuasan Konsumen Antara Pengguna operator Telepon Seluler Global System for Mobile Communication (GSM) dan Code Division Multiple Access (CDMA).






0 komentar:
Posting Komentar