x

Skripsi Psikologi Perbedaan Postpurchase Dissonance Antara Konsumen Dengan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi PSIKOLOGI Lengkap. Skripsi Psikologi Perbedaan Postpurchase Dissonance Antara Konsumen Dengan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert - DOWNLOAD Kumpulan Proposal dan Skripsi Lengkap melalui artikel berjudul "Skripsi Psikologi Perbedaan Postpurchase Dissonance Antara Konsumen Dengan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert". Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Perbedaan Postpurchase Dissonance Antara Konsumen Dengan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Tidak mudah bagi sebagian besar konsumen untuk memutuskan membeli suatu produk diantara banyaknya pilihan alternatif sejenis. Ketika dihadapkan pada situasi yang mengharuskan mereka mengambil sebuah keputusan untuk membeli suatu produk, banyak konsumen yang akan mengalami keraguan setelah membeli produk tersebut. Keraguan seperti itu dikenal dengan istilah postpurchase dissonance.

Kecemasan (anxiety) adalah salah satu trait kepribadian yang dapat mempengaruhi tingkat postpurchase dissonance yang dialami oleh seorang konsumen. Semakin tinggi tingkat kecemasan yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin tinggi tingkat postpurchase dissonance yang akan di alami. Penelitian ini adalah penelitan kuantitatif komparatif yang mencoba untuk mengetahui perbedaan postpurchase dissonance antara konsumen dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert.

Tipe kepribadian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah tipe kepribadian yang dikemukakan oleh Eysenck, yaitu tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini melibatkan 182 orang konsumen yang pernah melakukan pembelian atas suatu produk dengan kondisi dimana produk tersebut adalah penting bagi konsumen tersebut, produk tersebut tidak dapat dikembalikan apabila telah dibeli, serta konsumen membeli produk tersebut atas dasar kemauan sendiri tanpa adanya paksaan, ataupun permintaan dari orang lain.

Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik incidental sampling, dimana data yang didapatkan akan diolah dengan menggunakan uji t. Alat ukur yang digunakan adalah skala postpurchase dissonance berdasarkan aspek yang dikemukan oleh Sweeney dkk., dan skala tipe kepribadian, dimana aitem-aitem kedua skala disusun sendiri oleh peneliti. Hasil analisa data menunjukkan ada perbedaan postpurchase dissonance antara konsumen bertipe kepribadian ekstrovert dan introvert dengan nilai ρ = 0.000, dimana konsumen bertipe kepribadian introvert memiliki nilai mean yang lebih tinggi (X = 53.61), sedangkan konsumen bertipe kepribadian ekstrovert memiliki nilai mean yang lebih rendah (X = 44.88).

Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak produsen agar dapat mengetahui bahwa konsumen dapat mengalami suatu keraguan terhadap produk yang telah mereka beli yang pada ujungnya berakibat pada menurunnya tingkat pembelian produk mereka.

Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Perbedaan Postpurchase Dissonance Antara Konsumen Dengan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert.

0 komentar:

Posting Komentar


Download Kumpulan Skripsi Lengkap

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Skripsi Psikologi Lengkap All Rights Reserved.