Untuk menunjang keberhasilan studi mereka di USU, mahasiswa asing diharapkan memiliki kemampuan memanajemen diri yang baik dalam belajar, salah satunya adalah academic self-management. Menurut Dembo (2004), academic self-management adalah strategi-strategi yang digunakan pelajar untuk mengontrol faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar, yang meliputi strategi perilaku, strategi motivasi, dan strategi belajar cara belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat gambaran academic self-management pada mahasiswa asing Fakultas Kedokteran USU. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang yang diperoleh dengan teknik accidental sampling. Alat ukur berupa skala academic self-management yang terdiri dari 32 aitem dan dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan strategi dari academic self-management yang dikemukakan oleh Dembo (2004) meliputi strategi perilaku, strategi motivasi, dan strategi belajar cara belajar. Uji daya diskriminasi aitem dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas alat ukur dilakukan dengan teknik koefisien Alpha Cronbrach dengan nilai sebesar 0.901. Data yang diolah dalam dalam penelitian ini yaitu skor minimum, skor maksimum, mean, dan standar deviasi dan diperoleh hasil bahwa mayoritas academic self-management mahasiswa asing berada pada kategori sedang.
Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Gambaran Academic Self-Management pada Mahasiswa Asing Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.






0 komentar:
Posting Komentar