Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri adalah kondisi psikologis yaitu keyakinan diri. Keyakinan diri dapat menentukan kemampuan penyesuaian diri siswa dalam memenuhi berbagai tuntutan yang ada, artinya semakin tinggi keyakinan diri siswa maka penyesuaian diri yang dimiliki siswa semakin baik. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara keyakinan diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Budi Murni Deli Tua yang tinggal di asrama.
Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMA Budi Murni Deli Tua yang tinggal di asrama sebanyak 50 orang. Penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu Skala Keyakinan Diri yang disusun berdasarkan teori Bandura (1997) dan Skala Penyesuaian Diri yang disusun berdasarkan teori Schneiders (1964). Nilai reliabilitas Skala Keyakinan Diri sebesar 0,735 dan terdiri dari 13 aitem sedangkan nilai reliabilitas Skala Penyesuaian Diri sebesar 0.876 dan terdiri dari 26 aitem. Analisa penelitian menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisa ditemukan bahwa ada hubungan positif antara keyakinan diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Budi Murni Deli Tua yang tinggal di asrama (r = 0.923 with ρ < 0.01). Implikasi dari penelitian ini adalah tingginya keyakinan diri meningkatkan penyesuaian diri.
Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Hubungan antara Keyakinan Diri dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMA Budi Murni Deli Tua yang Tinggal di Asrama.






0 komentar:
Posting Komentar