Pemahaman bacaan merupakan proses simultan menyarikan dan mengkonstruksi makna melalui interaksi dan keterlibatan dengan bahasa tertulis (Snow, 2002). Pengaruh pelatihan membaca cepat terhadap pemahaman bacaan suatu teks bacaan diukur menggunakan alat ukur yang mencakup enam tingkatan kognitif Bloom. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen murni pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan.
Subjek penelitian adalah 16 orang mahasiswa FK UMSU yang dipilih secara random. Analisa data menggunakan Uji-T. Perbandingan nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t = -4,150 dan p = 0,004. Perbandingan nilai posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai t = 2,814 dan p = 0,014. Berdasarkan hasil analisa data diketahui bahwa ada pengaruh pelatihan membaca cepat terhadap pemahaman bacaan.
Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Pengaruh Pelatihan Membaca Cepat Terhadap Pemahaman Bacaan.






0 komentar:
Posting Komentar