Menurut Wedemeyer (dalam Rusman, 2010), self directed learning dianggap luwes, tidak mengikat serta melatih kemandirian mahasiswa dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran e-learning. Romiszowski (dalam, Naidu, 2002) menyatakan bahwa ada empat pola pembelajaran e-learning yaitu, pola pembelajaran e-learning individual self paced e-learning online, pola pembelajaran e-learning individual self paced e-learning offline, pola pembelajaran e-learning group based synchronously dan pola pembelajaran e-learning group based asynchronously. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan self directed learning ditinjau dari pola pembelajaran e-learning pada mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Anava 1 Jalur. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 334 orang yang berasal dari Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA dan Fakultas Pertanian. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster.
Pada penelitian ini menggunakan skala self directed learning berdasarkan dari teori Romiszowski (2002) yang terdiri dari 33 aitem dan skala pola pembelajaran e-learning yang diadaptasi oleh Crocker and Algina. Uji reliabilitas dari penelitian ini menggunakan alpha cronbach dengan hasil pada skala self directed learning diperoleh p=0.837. sedangkan skala pola pembelajaran e-learning pada pola pembelajaran e-learning individual self paced e-learning online diperoleh nilai p=0.635, pada pola pembelajaran individual self paced e-learning offline diperoleh nilai p=0.635, pada pola pembelajaran e-learning group based group based synchronously diperoleh nilai p=0.694 dan pada pola pembelajaran e-learning group based asynchronously diperoleh nilai p=0.710. Hasil dari penelitian ini adalah ada perbedaan self directed learning ditinjau dari pola pembelajaran e-learning pada mahasiswa Universitas Sumatera Utara (p=0.19; p < 0.05).
Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Perbedaan Self-Directed Learning Ditinjau dari Pola Pembelajaran E-learning Pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara.






0 komentar:
Posting Komentar