Agar mendapatkan prestasi akademis yang memuaskan diperlukan adanya kesiapan belajar di perguruan tinggi yang mencakup kesiapan mental dan kesiapan keterampilan belajar. Salah satu keterampilan belajar yang mempunyai peran penting dalam menentukan kesuksesan di perguruan tinggi adalah kemampuan meregulasi diri dalam belajar atau disebut juga dengan self regulated learning. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat komparatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan self regulated learning antara mahasiswa USU yang bekerja dengan yang tidak bekerja. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa Universitas Sumatera Utara sejumlah 143 orang yang terdiri atas 71 mahasiswa yang bekerja dan 72 mahasiswa yang tidak bekerja.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan incidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self regulated learning yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan 10 kategori strategi self regulated learning yang dikemukakan oleh Zimmerman (dalam Purdie, Hattie & Douglas, 1996). Skala self regulated learning memiliki nilai reliabilitas (rxx)=0.958. Hasil analisa data penelitian dengan menggunakan teknik independent sample t-test menunjukan bahwa ada perbedaan self regulated learning antara mahasiswa USU yang bekerja dengan yang tidak bekerja. Hal ini dapat dilihat dari nilai ρ < 0.05 yaitu ρ = 0.000. Jika dilihat dari nilai rata-rata, terdapat perbedaan yang signifikan, dimana nilai rata-rata tertinggi diperoleh kelompok subjek mahasiswa yang tidak bekerja yaitu sebesar 193,08 dan mahasiswa yang bekerja sebesar 158,21.
Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Perbedaan Self Regulated Learning antara Mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang Bekerja dengan yang Tidak Bekerja.






0 komentar:
Posting Komentar