x

Skripsi Psikologi Perbedaan Stres Akademik antara Kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR.Supratman 2 Medan

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi PSIKOLOGI Lengkap. Skripsi Psikologi Perbedaan Stres Akademik antara Kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR.Supratman 2 Medan - DOWNLOAD Kumpulan Proposal dan Skripsi Lengkap melalui artikel berjudul "Skripsi Psikologi Perbedaan Stres Akademik antara Kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR.Supratman 2 Medan". Download Kumpulan Skripsi Psikologi Perbedaan Stres Akademik antara Kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR.Supratman 2 Medan. Stres menjadi topik penting dalam lingkup akademik. Stres merupakan kondisi kesenjangan antara tuntutan psikologis dan fisiologis berdasarkan situasi yang bersumber dari faktor biologis, psikologis ataupun sosial yang ada pada diri individu.

Stres akademik merupakan stres yang berhubungan dengan aspek pembelajaran, khususnya pengalaman belajar. Salah satu fenomena stres akademik dapat dilihat pada konteks pembauran di sekolah. Sekolah dianggap sebagai wadah asimilasi untuk meleburkan kelompok minoritas ke kelompok mayoritas. Hal menarik dimana kelompok pribumi sebagai kelompok minoritas dalam suatu komunitas yang mayoritas etnis Tionghoa. Kelompok siswa mayoritas dan minoritas di sekolah pembauran tak lepas dari masalah-masalah yang berkaitan dengan stres. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan stres akademik antara kelompok siswa minoritas dan mayoritas di SMP WR.Supratman 2 Medan. Penelitian ini melibatkan 140 siswa sebagai subjek penelitian.

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampel Acak Secara Tak Proporsional (Disproportionate Stratified Random Sampling). Alat ukur stres akademik disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori penggolongan stres akademik yang dikemukakan oleh Oon (2007). Validitas isi berdasarkan professional judgement dan reliabilitas sebesar 0.859. Data diuji dengan menggunakan Independent t-test, diperoleh nilai signifikansi sebesar .147, t(138)=-1.459, p > .05. Hasil analisa data menunjukkan tidak ada perbedaan stres akademik yang signifikan antara kelompok minoritas dan mayoritas. Implikasi dari hasil penelitian ini berguna sebagai masukan untuk pihak sekolah sehingga menyadari kondisi stres akademik siswanya. Selain itu pihak sekolah dapat memanfaatkan kondisi stres baik untuk pencapaian akademik yang baik. Bagi siswa diharapkan lebih sadar terhadap tingkat stres mereka.

Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Perbedaan Stres Akademik antara Kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR.Supratman 2 Medan.

0 komentar:

Posting Komentar


Download Kumpulan Skripsi Lengkap

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Skripsi Psikologi Lengkap All Rights Reserved.