Sistem pembelajaran e-learning di lingkungan perguruan tinggi mendorong pendidik untuk memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan (Suryaningtyas, 2008), terlebih lagi USU. Sikap dosen USU terhadap e-learning akan menggambarkan bagaimana pemikiran, perasaan, dan kecenderungan berperilaku dosen USU terhadap e-learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap dosen USU terhadap e-learning. Alat ukur yang digunakan adalah skala sikap terhadap e-learning dengan reliabilitas (r) = 0.916 yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori tiga komponen sikap (Azwar, 2000) terhadap empat komponen e-learning (Romisatriawahono, 2008), yaitu infrastruktur e-learning, sistem dan aplikasi e-learning, dan konten e-learning. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.
Sampel berjumlah 60 orang dosen yang pernah mendengar e-learning dan aktif mengajar minimal 2 SKS di USU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sikap dosen USU terhadap e-learning berada pada kategori seimbang yaitu kategori positif dan netral, 30 orang (50%) positif, 30 orang (50%) netral, dan tidak ada subjek yang bersikap negatif. Pada komponen infrastruktur e-learning, 24 orang (40%) positif, 36 orang (60%) netral, dan tidak ada subjek yang bersikap negatif. Pada komponen sistem dan aplikasi e-learning, 23 orang (38,3%) positif, 37 orang (61,7%) netral, dan tidak ada subjek yang bersikap negatif.
Pada komponen konten e-learning, 30 orang (50%) positif, 30 orang (50%) netral, dan tidak ada subjek yang bersikap negatif. Sedangakan pada komponen kognitif, 42 orang (70%) positif, 18 orang (30%) netral, dan tidak ada yang berada negatif. Pada komponen afektif, 14 orang (23,3%) positif, 46 orang (76,7%) netral, dan tidak ada yang negatif. Pada komponen konatif, 33 orang (55%) positif, 27 orang (45%) netral, dan tidak ada yang negatif.
Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Gambaran Sikap Dosen Universitas terhadap E-Learning.
0 komentar:
Posting Komentar