Tinggi rendahnya tuntutan ini berhubungan dengan bagaimana siswa mempersepsikan lingkungan disekitarnya. Lingkungan yang dimaksud di sini adalah iklim kelas. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap iklim kelas dengan stres akademik pada siswa kelas satu di kelas internasional SMPN 1 Medan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling dan jumlah sampel penelitian adalah 106 siswa.
Penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu Skala Persepsi terhadap Iklim Kelas yang disusun berdasarkan teori Creemers dan Reezigt (1994) dan Skala Stres Akademik yang disusun berdasarkan teori Olejnik dan Holschuh (2007). Nilai reliabilitas Skala Persepsi terhadap Iklim Kelas adalah 0,918 yang terdiri dari 37 aitem dan Skala Stres Akademik adalah 0,95 yang terdiri 46 aitem. Analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analsis diketahui bahwa ada hubungan antara persepsi terhadap iklim kelas dengan stres akademik pada siswa (r = -.595) dengan (ρ =0,000). Implikasi dari penelitian ini adalah jika persepsi terhadap iklim kelas negatif maka stres akademik tinggi dan iklim kelas positif maka stres akademik rendah.
Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Kelas Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas 1 Di Kelas Internasional Smpn 1 Medan.






0 komentar:
Posting Komentar