x

Skripsi Psikologi Pengaruh Religiusitas Terhadap Sikap Terhadap Kematian Pada Lansia

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi PSIKOLOGI Lengkap. Skripsi Psikologi Pengaruh Religiusitas Terhadap Sikap Terhadap Kematian Pada Lansia - DOWNLOAD Kumpulan Proposal dan Skripsi Lengkap melalui artikel berjudul "Skripsi Psikologi Pengaruh Religiusitas Terhadap Sikap Terhadap Kematian Pada Lansia". Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Pengaruh Religiusitas Terhadap Sikap Terhadap Kematian Pada Lansia. Masa dewasa akhir atau usia tua adalah periode penutup dalam rentang hidup seseorang, yaitu suatu periode dimana seseorang telah beranjak jauh dari periode dahulu yang lebih menyenangkan. Masa lanjut usia ditandai dengan terjadinya berbagai perubahan, baik perubahan fisik, psikologis maupun sosial.

Perubahan-perubahan tersebut sesuai dengan hukum kodrat manusia yang pada umumnya dikenal dengan istilah ‘menua’. Perubahan-perubahan tersebut mempengaruhi struktur baik fisik maupun mental. Periode selama usia lanjut atau lansia yaitu ketika kemunduran fisik dan mental terjadi secara perlahan dikenal dengan istilah ‘senescence’ yaitu masa proses menjadi tua. Pada waktu kesehatannya memburuk, lansia cenderung berkonsentrasi pada masalah kematian. Semakin lanjut usia seseorang, biasanya individu menjadi lebih mementingkan tentang kematian itu sendiri dan kematian diri sendiri.

Pemikiran tentang kematian merupakan bagian yang penting pada tahap akhir kehidupan bagi banyak individu. Sikap terhadap kematian merupakan Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh religiusitas terhadap sikap terhadap kematian pada lansia. Jumlah sampel penelitian ini adalah 60 orang lansia, yang terdiri dari 26 orang (43.33%) lansia pria dan 34 lansia wanita (56.67%).

Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala model Likert dan model dikotomi yang kemudian dianalisa dengan menggunakan metode analisa regresi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga buah skala yaitu skala religiusitas I dan skala religiusitas II yang disusun oleh peneliti berdasarkan dimensi dari Gloack & Stark (dalam Rahkmat, 2003) serta skala sikap terhadap kematian yang disusun oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek dari Corr, Nabe & Corr (2003).

Skala religiusitas I memiliki nilai reliabilitas (rxx)=0.922, skala religiusitas II memiliki nilai reliabilitas (rxx)=0.664 dan nilai reliabilitas skala sikap terhadap kematian (rxx)=0.878 Hasil analisa data penelitian dengan menggunakan teknik analisa regresi menunjukkan ada pengaruh religiusitas yang signifikan terhadap sikap terhadap kematian pada lansia, dengan nilai R=0.641, nilai F=40.454, dengan tingkat signifikansi koefisien korelasi 0.000 (p = 0.000). Religiusitas memberikan sumbangan efektif sebesar 41.1 %.

Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Pengaruh Religiusitas Terhadap Sikap Terhadap Kematian Pada Lansia.

0 komentar:

Posting Komentar


Download Kumpulan Skripsi Lengkap

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Skripsi Psikologi Lengkap All Rights Reserved.