x

Skripsi Psikologi Penyesuaian Diri Lanjut Usia di Panti Wredha

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi PSIKOLOGI Lengkap. Skripsi Psikologi Penyesuaian Diri Lanjut Usia di Panti Wredha - DOWNLOAD Kumpulan Proposal dan Skripsi Lengkap melalui artikel berjudul "Skripsi Psikologi Penyesuaian Diri Lanjut Usia di Panti Wredha". Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Penyesuaian Diri Lanjut Usia di Panti Wredha. Lanjut usia sebagai tahap akhir siklus kehidupan merupakan tahap perkembangan normal yang akan dialami oleh setiap individu yang mencapai lanjut usia tersebut dan merupakan kenyataan yang tidak dapat dihindari (Wibisono dalam Marsetio, 1992).

Ada lima pola kehidupan di masa lanjut usia yang bersifat umum, yaitu tinggal sendiri hanya dengan pasangannya, lanjut usia yang hidup sendiri di rumahnya sendiri, dua atau lebih anggota dari usia yang sama tinggal bersama dengan status tanpa hubungan perkawinan seperti: saudara laki-laki, saudara perempuan atau teman-teman seusia, janda atau duda yang tinggal bersama dengan anak atau cucunya, dan orang lanjut usia yang tinggal di dalam rumah penampungan orang lanjut usia atau panti wredha (Hurlock, 1999). Lanjut usia yang memilih untuk hidup di panti wredha dipengaruhi oleh alasan/kondisi, sehingga akan mengakibatkan efek setelah tinggal di panti wredha, baik itu dari segi keuntungan dan kerugiannya. Maka lanjut usia perlu melakukan penyesuaian diri di panti wredha yang melalui pengaruh beberapa faktor penyesuian diri dan bentuk penyesuian diri di panti wredha.

Penyesuaian diri di panti wredha meliputi penyesuian diri yang efektif dan tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penyesuaian diri lanjut usia di panti wredha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif supaya dapat memahami penghayatan subjektif yang dirasakan partisipan. Karakteristik partisipan adalah pria atau wanita berusia 60 tahun keatas dan bertempat tinggal di panti wredha berdomisili di Binjai dan masih bisa melakukan komunikasi dengan baik.

Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik berdasarkan teori/konstruk operasional (theory-based/operational construct sampling). Metode pengumpulan data dilakukan dalam penelitian adalah wawancara mendalam (in depth interviewing) dan observasi saat wawancara berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika seseorang lanjut usia memutuskan untuk tinggal di panti wredha, ada alasan dan kondisi yang mempengaruhi, ada akibat/efek setelah tinggal di panti wredha.

Oleh karena itu, ia harus melakukan penyesuian diri di panti wredha melalui faktor yang mempengaruhi dan bentuk penyesuaian diri yang meliputi penyesuain diri yang efektif dan tidak efektif. Partisipan I dalam penelitian ini melakukan penyesuaian diri yang efektif sementara partisipan II tidak melakukan penyesuaian diri yang efektif. Saran penelitian bagi lanjut usia di panti wredha supaya dapat menjalin dan membangun hubungan yang baik dengan penghuni panti wredha dan mengikuti aktivitas-aktivitas di panti, karena hal tersebut membantu dalam penyesuaian dirinya di panti wredha, bagi keluarga, yayasan ataupun perawat yang membantu perawatan lanjut usia di panti wredha perlu memberikan dukungan dan perhatian yang dibutuhkan oleh para lanjut usia di panti wredha sehingga dapat membantu penyesuain diri yang efektif di panti wredha.

Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Penyesuaian Diri Lanjut Usia di Panti Wredha.

0 komentar:

Posting Komentar


Download Kumpulan Skripsi Lengkap

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Skripsi Psikologi Lengkap All Rights Reserved.