x

Skripsi Psikologi Perbedaan Depresi Ditinjau Dari Kategori Bullying Dan Jenis Kelamin Pada Remaja Awal

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi PSIKOLOGI Lengkap. Skripsi Psikologi Perbedaan Depresi Ditinjau Dari Kategori Bullying Dan Jenis Kelamin Pada Remaja Awal - DOWNLOAD Kumpulan Proposal dan Skripsi Lengkap melalui artikel berjudul "Skripsi Psikologi Perbedaan Depresi Ditinjau Dari Kategori Bullying Dan Jenis Kelamin Pada Remaja Awal". Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Perbedaan Depresi Ditinjau Dari Kategori Bullying Dan Jenis Kelamin Pada Remaja Awal. Fenomena depresi akibat perilaku bullying dan korban bullying sering dialami oleh remaja. Depresi adalah gangguan emosi yang ditandai dengan perasaan sedih dan muram yang terkait dengan gejala-gejala kognitif, fisik, dan interpersonal. Saat ini, perilaku bullying sering terjadi di sekolah.

Bullying merupakan salah satu kejadian hidup yang buruk yang berhubungan dengan peningkatan simptom-simptom depresi (Craig dkk, dalam Hjemdal, 2007). Oleh karena itu, peneliti bermaksud melihat depresi yang dialami remaja putra dan remaja putri yang terlibat dalam perilaku bullying : baik sebagai pelaku, korban ataupun pelaku yang pernah menjadi korban perilaku bullying. Desain penelitian ini adalah factorial design yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan depresi ditinjau dari kategori bullying dan jenis kelamin pada remaja awal.

Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 90 murid perempuan dan 124 murid laki-laki yang bersekolah di SMP pada Kecamatan Medan Petisah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua buah skala yaitu skala perilaku bullying yang diadaptasi dan dimodifikasi oleh peneliti dari The Revised Olweus Bully/Victim Questionnaire dan skala depresi yang diadaptasi dan dimodifikasi pada penelitian sebelumnya (Zahra, 2003) dari Center for Epidemiological Studies-Depression Scale. Skala perilaku bullying memiliki nilai reliabilitas (rxx)=0.610, 0.686, 0.576, 0.536 dan nilai reliabilitas skala depresi α =0.851.

Hasil analisa data penelitian dengan menggunakan teknik ANOVA dua arah menunjukkan variabel kategori bullying (bullies, victim, dan bully victim) dan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) menunjukkan efek interaksi yang signifikan terhadap depresi dengan nilai F (2,214) = 6.089, p = 0.003. Variabel kategori bullying juga menunjukkan efek yang signifikan terhadap depresi dengan nilai F (2,214) = 4.250, p = 0.016, dengan perbedaan depresi yang signifikan pada subjek yang tergolong bullies dan bully victim, tetapi tidak ditemukan efek yang signifikan dari variabel jenis kelamin terhadap depresi dengan nilai F (1,214) = 0.868, p = 0.353.

Panduan DOWNLOAD Kumpulan Skripsi super lengkap mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka dan lampiran. Skripsi Psikologi Perbedaan Depresi Ditinjau Dari Kategori Bullying Dan Jenis Kelamin Pada Remaja Awal.

0 komentar:

Posting Komentar


Download Kumpulan Skripsi Lengkap

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Skripsi Psikologi Lengkap All Rights Reserved.